Senin, 27 Mei 2019

Tips Mudah Memilih Oli Motor Matik Terbaik


Tips Mudah Memilih Oli Motor Matik Terbaik


Sepeda motor matik memerlukan oli motor matik terbaik guna melumasi bagian dalam mesin. Seperti yang telah Anda ketahui, oli sebagai bahan pelumas bertujuan agar mesin terhindar dari gesekan dan bebas gangguan. Oli mesin juga harus memiliki bahan yang mampu mencegah benturan antara logam yang ada pada mesin.

Memilih oli motor matik terbaik dan berkualitas untuk motor matik Anda merupakan suatu hal yang penting. Hal ini dikarenakan kualitas oli akan memengaruhi performa motor matik Anda. Berikut ini adalah tipsnya.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Dalam menentukan oli motor matik terbaik, Anda perlu menyesuaikan kebutuhan oli motor matik dengan rutinitas yang kerap Anda jalani. Sebagai contoh, lalu lintas yang padat yang mengakibatkan motor matik kerap berhenti sehinga mesin panas memerlukan oli motor matik yang memiliki zat aditif yang mampu mengurangi panas mesin sepeda motor.

Selain itu, Anda juga perlu memahami jenis-jenis oli sehingga dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Yang pertama, oli mineral yang bahan dasarnya diproses melalui penyulingan bahan mineral. Kedua, oli syntetic dengan karakteristik oli relatif stabil dan mempunyai kemampuan pelumas yang sangat baik. Ketiga, oli vegetebel yang mempunyai sifat pelumas yang baik sehingga sering digunakan untuk racing, tetapi harganya mahal dan tidak dapat digunakan dalam waktu yang lama karena proses oksidasi terjadi dengan cepat. Terakhir, oli semi syntetic dengan kemampuaan pelumas yang baik serta harga yang lebih murah dari syntetic.

Perhatikan Kekentalan Oli

Motor matik membutuhkan oli dengan kekentalan yang tepat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencari oli mesin dengan kekentalan API SL yang sangat sesuai dengan kebutuhan motor matik. SAE suatu oli mesin bukanlah ukuran mutu suatu oli karena kode SAE lebih berkaitan pada kemampuan dalam beradaptasi pada suhu rendah dan tinggi.

Jadi semakin kecil angka yang tertera di depan W maka tingkat keencerannya semakin tinggi. Untuk motor matik yang memiliki kinerja yang lebih berat dibandingkan motor sport maupun motor bebek, maka disarankan menggunakan oli yang lebih encer seperti 10w-40, agar kinerja mesin jadi lebih ringan dan konsumsi bensin juga ikut irit.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda terutama mengenai bagaimana memilih oli motor matik yang terbaik dari segi kesesuaiannya dengan rutinitas Anda hingga kekentala dari oli itu sendiri. Jadi, pastikan Anda untuk memperhatikan kedua tips tersebut. Selain itu, Anda juga perlu pastikan untuk menggunakan oli motor matik terbaik dan berkualitas.

Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar