Selasa, 10 November 2020

Panduan Memilih Investasi untuk Pemula


 

Investasi

Apa itu investasi? Secara umum, pengertian dari investasi adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa depan. Investasi dapat berupa apa saja mulai dari sebidang tanah, saham dalam bisnis kecil hingga saham di perusahaan Fortune 500. Jika Anda memasukkan uang ke dalam sesuatu yang mengharapkan pengembalian finansial, Anda telah melakukan investasi.

Untuk tujuan praktis Anda dapat memecah investasi menjadi beberapa kategori: saham, obligasi, properti, dan reksa dana yang diperdagangkan. Anda harus mengetahui setiap kategori dan rincian pendekatan dari masing-masing jenis investasi.

Panduan Saat Memilih Macam-Macam Investasi yang Ada

 

Ketika memilih investasi yang akan dilakukan Anda harus mempunyai strategi. Memilih strategi investasi yang tepat adalah tentang menentukan toleransi resiko dan tujuan pribadi Anda. Investor yang memilih toleransi rendah atas resiko mungkin lebih mempertimbangkan untuk berinvestasi pada obligasi dan dana obligasi, di mana pengembalian dan risiko keduanya rendah.

Seorang investor dengan selera resiko yang lebih kuat dapat berinvestasi dalam ETF murah, khususnya dana indeks. Dana ini didukung oleh investor terkenal seperti Warren Buffett dan John C. Bogle. Mereka yang sangat nyaman dengan risiko  dan mampu menanggung kerugian besar jika terjadi penurunan pasar  ​​harus memeriksa saham atau investasi real estat.

Sementara itu, setiap investor yang menabung untuk masa pensiun dan tujuan jangka panjang lainnya lebih tertarik memiliki investasi campuran antara investasi agresif dan konservatif. Jika Anda masih tidak yakin jenis investasi apa yang tepat untuk Anda, pertimbangkan untuk berinvestasi secara otomatis dengan penasihat keuangan profesional.

Cara membeli investasi

Tidak peduli apa yang Anda investasikan Anda akan memerlukan akun broker. Tidak seperti rekening bank, akun pialang memungkinkan Anda membeli dan menjual investasi.

 

Anda dapat membuka akun pialang hanya dalam 15 menit dan setelah didanai, Anda akan siap untuk mulai belajar investasi. Situs web broker akan memiliki tools untuk membantu Anda menemukan investasi yang Anda inginkan. Di sana juga menyediakan banyak sumber daya pendidikan yang dapat membantu Anda memulai investasi.

Tips Berinvestasi

·       Mencari penasihat keuangan

Seorang penasihat yang membantu cara mengatur keuangan Anda menyusun rencana investasi yang akan memanfaatkan sejumlah jenis investasi di atas. Layanan  SmartAsset’s free financial advisor matching service memudahkan Anda menemukan penasihat yang cocok untuk Anda.

 

Setelah Anda menjawab beberapa pertanyaan, SmartAsset’s free financial advisor matching service akan mempertemukan Anda dengan tiga penasihat di wilayah Anda. Sebelum memutuskan bagaimana Anda ingin melanjutkan investasi yang Anda pilih, Anda dapat berbicara dengan masing-masing penasihat Anda.

 

·       Cari tahu berapa banyak Anda akan membayar pajak

Jika investasi Anda terbayar Anda harus membayar pajak capital gain. Cari tahu berapa banyak Anda harus membayar pajak capital gain terutama ketika Anda menjual saham. Anda bisa menghitung berapa banyak pajak yang harus dibayarkan melalui capital gains tax calculator.

 

Sebagai seorang investor Anda memiliki banyak opsi untuk menyimpan uang. Namun Anda harus tetap ingat bahwa penting untuk memilih dengan cermat di mana bisa menyimpan uang dengan aman. Dan jenis investasi telah tersedia untuk Anda, jadi jangan sampai melewatkan kesempatan emas ini.

Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar