Senin, 07 Juni 2021

Jangan Salah Pilih, Anda Harus Tahu Tips Membeli Mobil Bekas Hiace


Toyota Hiace


Toyota Hiace pasti sudah tidak asing lagi bagi anda. Mobil ini diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan yang memuat cukup banyak penumpang.  Mobil ini masuk kategori mini bus yang banyak dicari karena bisa dipergunakan untuk berbagai kebutuhan. Namun jangan sampai anda salah memilih pada saat hendak membeli mobil bekas ini.


Beberapa Tips Memilih Hiace Bekas Agar Tidak Salah Pilih


1. Tak Hanya Bagian Luar, Periksa Juga Kondisi  Dalam Mobil

Anda harus benar-benar memastikan bahwa kondisi dalam mesin seperti mesin, AC,  jok dan sarungnya berada dalam kondisi yang baik. Hal ini harus anda cek karena nantinya bagian interior ini yang akan digunakan oleh penumpang secara langsung. Jangan sampai ketika anda membelinya ternyata terdapat kekurangan yang membuat penumpang tidak nyaman.

Anda juga harus memeriksa odometer untuk menghitung jarak tempuh yang sudah dilalui mobil. Mobil yang memiliki kondisi baik harus memiliki jarak tempuh yang masih normal. Jarak tempuh normal yang biasa dilalui yaitu 16.000 km sampai 24.000 km. Mobil harus dijaga performanya dengan rutin melakukan penyervisan.


2. Memeriksa Perkakas Mobil

Anda harus melakukan pengecekan terhadap peralatan atau perkakas mobil bekas Hiace ini. Beberapa perkakas atau tool kit yang termasuk dalam paket penjualan mobil tersebut seperti obeng dan kunci-kunci penting.  Perkakas tersebut sangat anda butuhkan sebagai alat persediaan saat mobil dalam keadaan darurat.


3. Memeriksa Kelengkapan Surat Kendaraan

Kelengkapan surat kendaraan seperti BPKB dan STNK adalah hal yang benar-benar perlu anda perhatikan disini. Anda akan melihat keaslian cap dan juga tanda tangan beserta hologram di halaman pengesahan dokumen tersebut. Anda juga harus memeriksa nomor angka dan nomor mesin mobil. Jangan sampai anda membeli mobil yang suratnya dalam keadaan mati.


4. Memeriksa Performa Mesin

Minivans Hiace yang terbaru terdiri dari 2 varian. Varian tertinggi memiliki mesin diesel 2755 cc yang bisa menghasilkan tenaga hingga 154 hp dan torsi hingga 420nm. Hiace premio juga dibekali dengan transmisi 6 Speed Manual. Sistem keamanan Toyota Hiace ini juga dibekali dengan Power Door Locks, Smart Access Card Entry. Dan Engine Immobilizer.

Mesin mobil ini disediakan 4 silinder dengan jumlah katupnya ada 4 katup per silinder. Konfigurasi dar katup ini adalah DOHC. Sistem suplai bahan bakar yang digunakan mobil ini adalah CRDI dengan mesin 2.5L diesel engine, In-line 4 cylinder 16 Valve DOHC>. Dengan mesin ini membuat mobil memilii performa yang sangat baik digunakan perjalanan jauh.

Anda harus bisa memeriksa apakah setiap komponen dari mesin tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sebelum membeli, anda harus melakukan test drive untuk memastikan performanya. Apabila anda tidak terlalu mengerti soal mesin mobil, anda bisa didampingi dengan ahli mesin untuk membantu anda menganalisis mobil tersebut.


5. Perkiraan Harga Mobil Hiace

Anda dapat membeli mobil bekas Hiace 2.5 High Grade Commuter Van tahun 2019  seharga sekitar 385 juta rupiah. Tersedia juga layanan cicilan untuk membeli mobil ini dengan pembayaran uang muka sekitar 77 juta rupiah. Tentu mobil bekas keluaran 2019 kebawah masih terbilang sangat bari dengan fasilitas dan peforma mesin yang memadai.

Untuk tipe keluaran tahun 2020 bisa anda dapatkan seharga diatas 400 juta rupiah.  Untuk tipe Hiace 2.5 High Grade Commuter Van tahun 2020 dapat anda dapatkan dengan harga sekitar 410 juta rupiah. Untuk tipe diatasnya yaituu Hiace 2.8 Premio Van Wagon tahun 2020 dibanderol harga sekitar 465 juta rupiah.


Itulah beberpa tips yang bisa anda lakukan saat anda sedang melihat-lihat dan hendak membeli mobil bekas ini. Semakin baik kondisi mobil dan perlengkapannya, tentu harga yang ditawarkan juga akan semakin tingi. Pastikan anda telah memeriksa seluruh komponen mobil dengan maksimal sebelum membelinya.

 

Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar