Sabtu, 28 Agustus 2021

4 Tips Menyetir Mobil Untuk Cegah Mabuk Perjalanan


 

Mabok perjalanan

Akhirnya Anda berhasil membeli mobil impian setelah menabung cukup lama dan berdasarkan hasil simulasi cicilan Mitsubishi Xpander sudah cukup untuk membayar total uang muka. Pastinya, Anda tidak sabar mengajak seluruh anggota keluarga berkeliling kota dengan mobil tersebut.


Nah, jika Anda berencana melakukannya, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu cara berkendara yang baik agar tidak menyebabkan penumpang mual saat perjalanan. Terutama jika ada anggota keluarga Anda yang sering mengalami mabuk perjalanan.


Tips Menyetir Mobil agar Penumpang Tidak Mual


1.       Berkendara secara perlahan sesuai batas kecepatan

Dinamika kendaraan adalah salah satu pemicu mual yang dirasakan penumpang selama berkendara, seperti goncangan yang disebabkan cara menyetir atau kondisi jalanan. Dengan menjaga laju kendaraan stabil tanpa mengebut, Anda jadi bisa mengantisipasi medan yang ada di depan mata. Misalnya saja, ketika ada tikungan atau jalanan berkelok yang menyebabkan akselerasi serta deselerasi kendaraan berulang kali, jangan sampai mengebut.


2.       Jaga jarak dengan kendaraan di depan

Jarak mobil Anda dengan kendaraan di depan juga memengaruhi dinamika mobil. Idealnya, beri jarak minimal 3-4 detik dengan kendaraan yang melaju di depan mobil Anda. Tujuannya adalah untuk mencegah risiko akselerasi maupun deselerasi kecepatan mobil secara mendadak, yang dapat menyebabkan mual. Dan cara menghitungnya bukan ‘satu, dua, tiga’ melainkan ‘seribu satu, seribu dua, seribu tiga’, dan seterusnya.


3.       Ganti gigi pada momen yang tepat

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan ketika menyetir mobil adalah momen yang tepat untuk pindah gigi atau shifting, jika Anda mengemudikan mobil dengan transmisi manual. Agar kendaraan Anda bisa melaju dengan mulus tanpa memicu mual, sebaiknya Anda lakukan shifting pada RPM kisaran 2000 hingga 2500.


4.       Jaga frekuensi pengereman mobil

Tak hanya shifting, seberapa sering Anda melakukan pengereman selama menyetir juga harus Anda perhatikan agar penumpang tidak mudah merasa mual selama di perjalanan. Hindari pengereman yang dilakukan hanya dengan satu hentakan kaki karena cara seperti ini justru dapat menyebabkan penumpang makin mual. Idealnya, lakukan pengereman secara bertahap dan perlahan, yang berkaitan erat dengan tips nomor 1 di atas.


Itu dia 4 tips yang bisa Anda coba untuk menghindari risiko penumpang mual saat Anda menyetir. Selamat mencoba dan semoga informasi di atas bermanfaat untuk membantu Anda menyetir dengan lebih cermat, ya!

Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar